Perangkat keras komputer

Perangkat keras komputer – merupakan sebuah perangkat atau mesin yang bekerja untuk memproses, menyimpan, serta mendapatkan data. Data tersebut bisa berupa angka, karakter, titik, warna, suara, atau sebuah kondisi sistem, seperti pendingin atau CD player. Semua data disimpan dalam bentuk angka – angka. Angka tersebut dalam bentuk bilangan biner yang diwakili oleh angka 1 dan 0 yang sering disebut bit. Supaya mudah dalam mengingatnya, maka komputer mengelompokkan data biner tersebut menjadi nible, byte dan word. Dengan mengelompokkan data tersebut selain mudah diingat, juga akan memudahkan pengguna dalam menuliskan sebuah program berupa kode yang dimengerti oleh mesin, untuk merancang sebuah struktur data dan algoritma yang kompleks. Komputer akan memanipulasi data dengan cara melakukan operasi, baik penjumlahan, pengurangan, perkalian maupun pembagian. Hasil manipulasi angka tersebut ditunjukkan dalam bentuk gambar yang akan ditampilkan pada layar monitor serta deretan angka-angka pada memori video, dimana masing-masing angka atau sejumlah angka mewakili suatu pixel atau warna. Dalam memainkan suara berupa file wav, mp3, dan file sejenisnya, komputer akan membaca deretan angka-angka dari disk (tempat penyimpanan) dan memindahkannya kedalam memori (RAM). Selanjutnya komputer memproses dan menggerakkan angka-angka tersebut untuk dkonversi menjadi data audio yang dimampatkan. Kemudian data audio yang dimampatkan tersebut akan dikirim ke chip audio untuk kemudian diproses untuk mengeluarkan suara yang akan dikeluarkan melalui perangkat audio yaitu speaker.
    Segala hal yang dikerjakan oleh perangkat komputer, mulai dari web browsing, mencetak, mengolah gambar, melibatkan perpindahan dan pemprosesan angka. Secara elektronis komputer merupakan suatu sistem atau benda yang dirancang untuk menyimpan, dan memindahkan, atau menggerakkan, serta mengubah angka-angka.
    Komputer mempunyai beberapa komponen yang terbagi menjadi dua yaitu: Perangkat keras ( Hardware ) dan Perangkat lunak ( Firmware )
1.  Perangkat keras ( Hardware ), yang terdiri atas beberapa bagian. antara lain: Prosesor, RAM, Harddisk, motherboard, CD/DVD room, power suply, kartu I/O, dan perangkat pendukung lain yaitu keyboard, monitor dan mouse.

Contoh gambar bagian-bagian komputer
Perangkat Keras Komputer
Komponen utama pada perangkat keras terletak pada pusat komputer adalah prosesor. Prosesor ini berfungsi mengeksekusi program komputer. Selain prosesor, komputer mempunyai memori. Dalam perangkat komputer terdapat beberapa memori yang berbeda-beda. Memori ini berguna untuk menyimpan program ketika prosesor sedang bekerja. Komputer juga mempunyai piranti untuk menyimpan dan mempertukarkan data dengan dunia luar atau yang disebut dengan I/O ( Input Output ). Piranti I/O akan mempertukarkan data, seperti: Masukan teks melalui keyboard serta mendisplaykan/menampilkan pada layar monitor. Selain itu, I/O juga digunakan untuk memindahkan data maupun program ke atau dari suatu disk drive ( tempat penyimpanan ), modem, printer, mouse dan lain-lain.
2. Perangkat Lunak,
Perangkat lunak merupakan sistem operasi yang berfungsi untuk mengendalikan dan mengoperasikan sebuah komputer, mengorganisir penggunaan memori dan mengendalikan peralatan seperti keyboard, mouse, monitor, disk drive, dan sebagainya. Sistem operasi juga memberikan fasilitas kepada pengguna untuk melakukan antarmuka dengan piranti lain, menjalankan program aplikasi dan mengakses file memori luar seperti Compact Disk (CD). Perangkat lunak ini bersifat permanen dan disimpan dalam memori komputer. Perangkat lunak inilah yang dikenal sebagai firmware. Firmware digunakan untuk meletakkan program bootloader. Bootloader adalah sebuah program khusus yang dijalankan oleh prosesor ketika membaca suatu sistem operasi dari disk atau memori nonvolatile yang kemudian memempatkannya ke dalam memori. Bootloader biasanya dimiliki komputer dekstop, notebook, atau workstation.
Sistem operasi, secara umum menyediakan satu set tool untuk program aplikasi, melakukan suatu mekanisme pengaksesan monitor, disk drive dan seterusnya. Dalam beberapa hal tidak semua komputer menggunakan sistem operasi. Ada juga komputer yang bersifat sederhana dan langsung menjalankan tugasnya. Seperti router jaringan, perangkat lunaknya terintegrasi dan sangat sederhana proses pengembangan. Kemampuan sebuah komputer sangat bergantung pada aplikasi perangkat lunak sistem.


EmoticonEmoticon